Senin, 09 Maret 2015

Case: Serawak, Kemudahan dalam Pengadopsian Penggunaan e-Commerce antar Pengusaha

Penelitian ini disusun berdasarkan kerangka kerja konseptual terhadap Technology Acceptance Model (TAM) yang mencakup kegunaan dan kemudahan penggunaan e-commerce sebagai variabel penelitian. Variabel eksternal atau variabel independen yang dipilih untuk penelitian ini adalah profil demografi dan karakteristik wirausaha. Usia, etnis dan tingkat pendidikan dipilih sebagai dimensi yang akan dianalisis dalam profil demografi sementara kebutuhan untuk berprestasi, kemampuan dalam mengambil risiko dan locus of control adalah dimensi dipilih untuk karakteristik wirausaha. Sebanyak 290 kuesioner telah didistribusikan melalui email kepada semua responden yang mungkin ditetapkan sebagai pemilik usaha tanpa batasan bisnis brick-and-mortal, brick-and-click, atauclick only di Kota Kinabalu, Sarawak. Namun, hanya 170 tanggapan bisa digunakan diterima dan digunakan untuk analisis. Dari hasil yang diperoleh, profil demografis tidak ditemukan signifikan sedangkan karakteristik kewirausahaan yang ditemukan terkait dengan kegunaan dan kemudahan penggunaan e-commerce.

1          PENGANTAR
Pertumbuhan eksponensial dari internet telah mengubah aturan persaingan di sektor industri. Banyak perusahaan-perusahaan besar termasuk UKM mengintegrasikan bisnis mereka ke internet di mana mereka dapat mencapai  cakupan pasar yang lebih besar secara online. Melakukan bisnis online telah menjadi tren baru saat ini dan banyak pelanggan yang beralih ke belanja online. Oleh karena itu, semakin banyak pengusaha yang melakukan bisnis online karena ada peluang memulai bisnis terutama di kalangan UKM.
Dengan segala kelebihan dan keuntungan yang ditawarkan oleh Internet, e-commerce yang diadopsi oleh pengusaha meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Sebagaimana dicatat oleh Ho et al. (2007), e-commerce telah mekar dalam siklus bisnis di mana bisnis tradisional brick-and-mortalkini telah mengalami transisi ke bisnis leading dotcom atauclick only. E-commerceyang telah diadopsi menjadi penggunaan strategis organisasi, meskipun terdapat hambatan ukuran organisasi, karena menyediakan kesempatan untuk berbagai jenis usaha untuk berkembang melalui mediae-commerce. Meskipun perusahaan-perusahaan kecil lebih lambat dalam mengadopsi e-commerce dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang lebih besar, namun penggunaan e-commercediantara perusahaan kecil yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir (Drew, 2003), menunjukkan bahwa e-commerce memiliki dampak yang secara signifikan menguntungkan dalam praktek bisnis.
Literatur masa lalu telah menawarkan sejumlah besar penelitian di bidang e-bussiness dan meskipun sudah ada sejumlah besar penelitian sebelumnya, penelitian lebih lanjut diperlukan di bidang ini untuk mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu dalam studi tunggal, yang pada akhirnya akan menawarkan pandangan holistik dari e-bussiness seperti yang dinyatakan oleh Ozer (2005). Penelitian empiris untuk mengevaluasi faktor-faktor penentu yang mempengaruhi adopsi e-commerce oleh perusahaan masih sangat terbatas seperti yang dinyatakan oleh Lin & Lin (2008). Banyak pertanyaan yang belum terjawab dalam e-commerce masih harus dieksplorasi dan seberapa jauh usaha kecil di masa depan akansepenuhnya merangkul e-bussinesspun masih belum jelas (Poon & Swatman, 1999). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi lebih lanjut terhadap e-commerce dari perspektif kewirausahaan.

2          TINJAUAN PUSTAKA
Demografi dan penggunaan internet. Dari sudut pandang sosiologis, internet digunakan oleh seorang individu untuk mencari informasi secara online dan tetap terhubung dengan dunia. Sebagian individu yang telah bertambah tua, jaringan sosial pun menurun dan tidak ada gunanya bagi mereka untuk tetap terhubung, sehingga manfaat yang dirasakan dari internetlebih rendah. Selain itu, individu yang lebih tua cenderung melihat diri mereka sebagai memiliki keterbatasan dalam belajar karena penurunan kemampuan kognitif. Hal ini sebenarnya lebih rendah self-efficacyyang mereka lihat di dalamnya karena mereka percaya fungsi kognitif menurun dengan bertambahnya usia mereka (Hertzog & Hultsch, 2000). "Karena banyak orang yang lebih tua memiliki pengalaman terbatas dengan menggunakan komputer dan internet, adalah mungkin bahwa mereka memiliki masalah self-efficacyberhubungan dengan bagaimana belajar menggunakan internet" seperti yang ditunjukkan oleh Porter & Donthu (2006). Para penulis juga menambahkan bahwa "ada kemungkinan bahwa belajar menggunakan internet menciptakan situasi menimbulkan kecemasan bahwa banyak akan memilih untuk menghindari karena kesulitan yang dirasakan terkait dengan internet". Ketika mereka menolak untuk belajar internet, pengusaha yang lebih tua cenderung untuk mempertahankan bisnis brick-and-mortal tradisional mereka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa usia memiliki hubungan dengan tingkat manfaat dan dirasakan dirasakan kemudahan penggunaan e-commerce.
Perbedaan individu, dalam hal etnis, dipandang sebagai faktor lain yang mempengaruhi bagaimana individu dirasakan manfaat dan kemudahan penggunaan e-commerce. Porter & Donthu (2006) telah menggunakan Afrika-Amerika dan Hispanik-Amerika sebagai faktor ras dalam adopsi internet dan penulis menemukan bahwa minoritas ini di Amerika cenderung ke arah perilaku kolektif dan dengan demikian, mereka diharapkan memiliki persepsi yang kurang menguntungkan dari internet yang menghasilkan tingkat penggunaan yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka rekan Amerika yang mayoritas. Oleh karena itu, perbedaan ras atau etnis akan memiliki dampak terhadap tingkat adopsi e-commerce juga. Oleh karena itu juga, dapat disimpulkan bahwa etnis memiliki hubungan dengan tingkat manfaat dan dirasakan dirasakan kemudahan penggunaan e-commerce masing-masing individu.
Menurut Lal (1999) dan Lal (2005), kualifikasi pengusaha memiliki pengaruh yang signifikan dimana penulis mengukur basis pengetahuan sebagai standar kualifikasi. Penulis juga menunjukkan bahwa kualifikasi pengusaha akan memberlakukan hubungan yang cukup besar dalam tingkat pengadopsiane-commerce atau teknologi informasi dan karena diraskan kegunaannya serta persepsi kemudahan penggunaan e-commerce memiliki hubungan positif langsung dengan kualifikasi pengusaha. Fakta yang diutaraakan oleh Lal (1995 & 2005) didukung oleh Porter & Donthu (2006) serta di mana penulis menyarankan bahwa keputusan untuk mengadopsi teknologi baru terkait kuat dengan jumlah pengetahuan seseorang sebagai pengadopsi dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi yang cenderung memiliki kemampuan untuk memahami penerapannya dengan lebih cepat daripada mereka yang berpendidikan kurang. Akibatnya, dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan memiliki hubungan dengan tingkat kegunaan dan kemudahan penggunaan e-commerce.
Karakteristik kewirausahaan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kirby (2004), karakteristik kewirausahaan dibahas meliputi kebutuhan untuk berprestasi, kemampuan mengambil risiko dan locus of control yang telah terpilih sebagai dimensi di bawah karakteristik kewirausahaan. Seorang pengusaha biasanya akan memiliki kebutuhan tinggi untuk berprestasi dan karenanya pengusaha cenderung untuk beradaptasi dengan mudah dengan kebutuhan pasar negara berkembang termasuk mengadopsi teknologi yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan sebagainama yang didiskusikan oleh Kirby (2004). Selain itu, pengusaha dengan kebutuhan tinggi untuk berprestasi pada dasarnya akan mengantisipasi untuk kemungkinan masa depan dan dengan permintaan yang mungkin muncul di pasar virtual baru. Pengusaha gemar untuk merangkul teknologi terbaru dan inovasi dalam rangka untuk menjaga nilai kompetitif mereka di pasar (Kirby, 2004; McClelland 1961). Dengan bukti yang cukup dari literatur, kebutuhan untuk berprestasi dapat diprediksi memiliki hubungan dengan kegunaan yang dirasakan dan persepsi kemudahan penggunaan e-commerce.
Menurut Kirby (2004) juga, pengusaha diklasifikasikan sebagai risk-takerlebih memiliki kecenderungan untuk mengambil resiko yang diperhitungkan. Mereka juga lebih mudah untuk mentolerir ambiguitas dan ketidakpastian dibandingkan dengan non-pengusaha. Dengan demikian, pengusaha akan cenderung untuk mengadopsi teknologi terbaru atau inovasi meskipun tidak yakin bahwa teknologi akan memberikan kontribusi pada kinerja perusahaan yang lebih tinggi atau keuntungan untuk menjaga perusahaan tetap kompetitif. Kepercayaan diri pengusaha diyakini menjadi prasyarat keberhasilan kewirausahaan yang cenderung mendistorsi persepsi mereka tentang risiko juga (Kirby, 2004; Koh, 1996). Dengan bukti yang cukup dari literatur, pengambilan risiko dapat diprediksi memiliki hubungan dengan kegunaan yang dirasakan dan persepsi kemudahan penggunaan e-commerce.
Pengusaha dipercaya memiliki internal lokus kontrol yang tinggi seperti yang dikatakan oleh Kirby (2004) di mana mereka memiliki keyakinan untuk percaya bahwa pencapaian tujuan yang mereka dalam mengejar obligasi mereka. Dengan kata lain, mereka cenderung percaya bahwa alasan utama untuk keberhasilan mereka tergantung pada perilaku mereka sendiri-sendiri atau karakteristik individu dimana mereka mendapatkan apa yang mereka tabur. Oleh karena itu, tindakan mengadopsi teknologi terbaru yang mengarah ke keberhasilan bisnis mereka dapat terkait erat karena mereka percaya bahwa mereka membuat pilihan yang tepat untuk mengadopsi e-commerce yang akan mengarah pada kinerja yang lebih tinggi dari perusahaan mereka pada akhirnya. Oleh karena itu dengan bukti ini dari literatur locu of control dapat diprediksi memiliki hubungan dengan kegunaan yang dirasakan dan persepsi kemudahan penggunaan e-commerce.

3          METODOLOGI PENELITIAN
Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 170 pengusaha di Kota Kinabalu, Sarawak. Para pengusaha yang dipilih ditetapkan pemilik bisnis terlepas dari apakah mereka adalah bisnis brick-and-mortal, brick-and-click, atau click only. Populasi sampel terdiri dari responden dari pengadopsi dan responden yang mewakili beragam latar belakang dalam hal variabel demografi kunci seperti yang disarankan oleh Porter & Donthu (2006).
Pengumpulan data dalam proyek penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling karena tidak tersedianya daftar yang tepat responden di Kota Kinabalu. Sampel purposive dipilih berdasarkan beberapa karakteristik dasar atau atribut yang penting bagi evaluasi seperti yang disarankan oleh Smith (1983) dan oleh karena itu, responden yang dipilih harus menjadi pengusaha dengan mendirikan bisnis tanpa brick-and-mortal, brick-and-click, atau click only. Kuesioner dibentuk dengan menggunakan php dan MySQL ke link URL (http://pennylane.byethost33.com/phpq/index.php) dan didistribusikan melalui email untuk pemilik bisnis online di daerah Kota Kinabalu. Data yang dikumpulkan dari link disimpan dalam database dan diekstraksi ke dalam bentuk MsExcel untuk dianalisis.
Kuesioner close-ended diadaptasi dari literatur sebelumnya yang digunakan untuk mengukur TAM dari pengadopsian TI dan penggunaane-commerce. Kuesioner dibagi menjadi lima bagian di mana variabel yang dinilai sesuai untuk skala item berdasarkan lima titik skala Likert (1 = "sangat tidak setuju", 5 = "sangat setuju"). Beberapa modifikasi pada bagian profil responden dibuat untuk memperoleh informasi dan data yang terkait dengan penelitian ini.

4          HASIL
Responden terdiri dari 91 perempuan (53,5%) dan 79 laki-laki (46,5%). Responden diukur dari enam kategori usia. Keenam kategori umur adalah 19 tahun atau lebih muda dengan 4,7% (n = 8), 20-24 tahun dengan 45,3% (n = 77), 25-29 tahun dengan 34,1% (n = 58), 30-34 tahun dengan 13,5 % (n = 23), 35-39 tahun dengan 2,4% (n = 4) dan tidak ada responden yang berusia lebih dari 40 tahun. Kategori usia 20-24 tahun memiliki persentase tertinggi dari responden sedangkan kategori usia 35-39 tahun memiliki persentase terendah responden. Lima kelompok etnis diwakili di mana Cina menjadi mayoritas dari total responden dengan 56,2% (n = 69) diikuti oleh Sarawakan Bumiputra dengan 22,9% (n = 39), Melayu dengan 20,0% (n = 34) dan Non-Bumiputra Sarawakan menjadi minoritas dari total sampel dengan hanya 16,5% (n = 29). Dalam hal pendidikan, responden dikelompokkan menjadi tujuh kategori. Mayoritas responden adalah pemegang gelar dengan 51,8% (n = 88) diikuti oleh lulusan dengan Diploma yang melibatkan 28,2% (n = 48) dari total responden. Hanya 3,5% (n = 6) dari responden memiliki Gelar Master atau Master dalam bidang apapun, sementara 2,4% (n = 4) dari responden memiliki tingkat tertinggi pendidikan, Phd. Ada 14 (8,2%) responden dengan SPM atau lulus dari sekolah menengah, sementara 4,7% (n = 8) dari responden telah memperoleh sertifikasi STPM atau lulus dari A-level / O-level. Hanya 1,2% (n = 2) responden memiliki tingkat pendidikan terendah dengan sertifikasi PMR atau lebih rendah.
Hanya 159 responden mengungkapkan pendapatan tahunan mereka. Mayoritas responden mendapatkan penghasilan tahunan RM19000 kebawah dengan 41,2% (n = 70); 32,9% (n = 56) dari responden mendapatkan penghasilan tahunan antara berbagai RM20000-RM39000 sedangkan 10,0% (n = 17) dari responden mendapatkan di antara kisaran RM40000-RM59000. Hanya 1,2% (n = 2) responden yang mendapatkan pendapatan tahunan RM80000-RM99000 sedangkan 3,5% (n = 6) responden yang diperoleh RM100000 atau lebih per tahun.
Selain data yang dikumpulkan mengenai profil demografi, pengalaman dalam penggunaan teknologi dikumpulkan serta dalam kuesioner. Pengalaman dalam penggunaan teknologi itu dimaksudkan untuk memberikan beberapa gambaran yang jelas tentang penggunaan dan pengadopsianteknologi di antara responden. Pengalaman menggunakan teknologi  dihasilkan sesuai dengan tiga jenis teknologi yang sesuai dengan penelitian yaitu teknologi informasi dan komunikasi (TIK), internet dan perdagangan elektronik (E-commerce) seperti yang ditunjukkan pada Tabel 1.
Tabel 1: Pengalaman menggunakan teknologi
Tabel 2: Statistik deskriptif dari variabel uji
Tabel 3: Hasilmultiple regression profil demografi terhadap kegunaan dan kemudahan penggunaan e-commerce
Tabel 3: Hasilmultiple regression karakteristik kewirausahaan terhadap kegunaan dan kemudahan penggunaan e-commerce

Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan. Dirasakannya manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan adalah mediator terkait erat dengan Technology Acceptance Model (TAM) dan juga hubungan mereka untuk menghubungkan variabel eksternal seperti profil demografi dan karakteristik kewirausahaan dengan tingkat pengadopsiane-commerce serta apa yang memperpanjang profil demografis dan karakteristik kewirausahaan akan mempengaruhi tingkat pengadopsiane-commerce melalui dirasakannya kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan e-commerce.
Menurut Davis et al. (1989), baik kegunaan yang dirasakan dan persepsi kemudahan penggunaan adalah sikap terhadap teknologi baru dan dalam konteks ini, e-commerce yang sangat mempengaruhi sikap seseorang dalam menggunakan teknologi. Dengan kata lain, semakin banyak individu merasakan e-commerceadalah mudah untuk digunakan, semakin banyak yang individu  akan menemukan kegunaane-commerce  dan dengan demikian, kecenderungan bahwa individu yang mengadopsi e-commerce akan melonjak tinggi juga.
Profil demografis. Profil demografis yang terdiri dari usia, etnis dan tingkat pendidikan sebagai dimensi telah diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui hubungan antara profil demografis dan kegunaan yang dirasakan serta kemudahan penggunaan. Tidak ada hubungan yang signifikan yang ditemukan antara profil demografis dan kegunaan yang dirasakan dan kemudahan penggunaan berdasarkan signifikan p-value. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Porter & Donthu (2006), kecenderungan adopsi sangat bervariasi berdasarkan usia, pendidikan dan pendapatan dan dari hasil temuan mereka, orang yang lebih tua memiliki persepsi kemudahan penggunaan yang lebih rendah, tetapi manfaat yang dirasakan lebih tinggi. Orang tua cenderung mengalami kesulitan dalam belajar teknologi baru tapi itu tidak berarti bahwa orang tua menganggap teknologi baru sebagai hal yang berguna bagi mereka. Dalam konteks penelitian ini, tidak ada hubungan yang signifikan ditemukan antara usia pengusaha dan persepsi kemudahan penggunaan dan kegunaan yang dirasakan dari e-commerce, menunjukkan bahwa usia sebagai salah satu dimensi dalam profil demografis masih bisa diperdebatkan karena tidak ada hubungan ditemukan di antara mereka.
Karena berdasarkan Porter & Donthu (2006), manfaat yang dirasakan secara menguntungkan mayoritas dimana minoritas seperti Hispanik Amerika atau Afrika Amerika memiliki manfaat yang dirasakan lebih rendah dari penggunaan internet. Meskipun menunjukkan bahwa etnis memiliki hubungan positif dengan manfaat yang dirasakan, namun, dalam penelitian ini tidak ada perbedaan signifikan yang ditemukan antara etnis. Temuan yang ditemukan dalam penelitian ini tidak konsisten dengan temuan dari Porter & Donthu (2006).
Berdasarkan hasil yang diperoleh juga, tingkat pendidikan pengusaha juga tidak ditemukan memiliki hubungan yang signifikan dengan persepsi kemudahan penggunaan dan kegunaan dirasakan dari e-commerce. Temuan ini tidak konsisten dengan temuan oleh Porter & Donthu (2006) dimana dirasakan manfaat yang lebih tinggi bagi individu yang berpendidikan tinggi. Selain temuan studi ini juga bertentangan dengan studi empiris oleh Agarwal & Prasad (1999) yang menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara tingkat pendidikan dan persepsi kemudahan penggunaan. Akibatnya, ketika orang-orang dengan tingkat pendidikan yang memadai menghadapi teknologi baru seperti e-commerce, mereka akan menemukan e-commerce mudah digunakan dan bermanfaat bagi mereka dan cenderung merangkul e-commerce lebih mudah karena kemampuan mereka untuk memahami "know-how "pengetahuan yang lebih cepat daripada mereka yang kurang pendidikan (Rogers, 1995).
Karakteristik kewirausahaan sebagai determinan. Karakteristik kewirausahaan yang terdiri dari kebutuhan akan prestasi, kemampuan mengambil risiko dan locus of control sebagai dimensi telah diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui hubungan antara karakteristik kewirausahaan dan e-commerce adopsi. Karakteristik kewirausahaan ditemukan memiliki hubungan dengan kegunaan yang dirasakan dan persepsi kemudahan penggunaan berdasarkan nilai koefisien beta. Berdasarkan hasil ditemukan bahwa: (1) manfaat yang dirasakan dan persepsi kemudahan penggunaan yang positif terkait dengan kebutuhan untuk pencapaian pengusaha, (2) kegunaan yang dirasakan dan persepsi kemudahan penggunaan berkaitan positif dengan kemampuan pengambilan risiko pengusaha, dan (3) manfaat yang dirasakan dan persepsi kemudahan penggunaan berkaitan positif denganlocus of control dari pengusaha. Menurut Kirby (2004) dan McClelland (1961), pengusaha dengan kebutuhan tinggi untuk berprestasi yang ditandai dengan (1) tanggung jawab individu, (2) sedang (tidak tinggi) pengambilan risiko, (3) pengetahuan tentang hasil keputusan, (4) novel aktivitas instrumental, dan (5) mengantisipasi kemungkinan masa depan. Temuan dalam penelitian ini telah menunjukkan bahwa kebutuhan untuk berprestasi memiliki hubungan positif yang signifikan dengan tingkat pengadopsiane-commerce yang sejalan dengan temuan dari Keh et al. (2007) di mana para penulis menyatakan bahwa pemilik usaha pada dasarnya memiliki cara proaktif untuk mencari dan memanfaatkan informasi yang inovatif. Dengan kata lain, pengusaha dengan kebutuhan tinggi untuk berprestasi akan cenderung proaktif untuk menjaga kinerja perusahaan yang tinggi dan dengan segala cara, mudah untuk mengadopsi e-commerceuntuk memanfaatkan inovasi dari pasar virtual.
Kemampuan mengambil risiko memiliki hubungan positif dengan manfaat yang dirasakan dan hubungan positif yang signifikan dengan persepsi kemudahan penggunaan. Menurut Keh et al. (2007), pengusaha dilengkapi dengan mengambil risiko cara untuk mencari dan memanfaatkan informasi yang inovatif dan karenanya, kemampuan mengambil risiko ini telah dikaitkan erat dengan pengusaha sebagai pengusaha tidak dapat mengabaikan risiko (Kirby, 2004; Koh, 1996). Pengusaha dengan kemampuan mengambil risiko tinggi cenderung mengadopsi e-commercedengan mudah karena permintaan pasar bahkan manfaat e-commerceyang tidak pasti. Temuan dalam penelitian ini konsisten dengan kenyataan bahwa kemampuan pengambilan risiko secara positif terkait dengan persepsi kemudahan penggunaan secara signifikan, tapi tetap saja, hal ini tidak signifikan secara statistik untuk kegunaan yang dirasakan.
Locus of Control memiliki hubungan positif yang signifikan dengan keduanya, kegunaan yang dirasakan dan persepsi kemudahan penggunaan. Pengusaha dengan locus of control yang tinggi cenderung percaya bahwa pencapaian tujuan tergantung pada perilaku mereka atau karakteristik individu (Kirby, 2004). Dengan kata lain, mereka cenderung percaya bahwa alasan utama untuk keberhasilan mereka tergantung pada perilaku mereka sendiri-sendiri atau karakteristik individu dimana mereka percaya bahwa mereka mendapatkan apa yang mereka tabur. Oleh karena itu, mereka lebih mudah untuk mengadopsi e-commerce karena mereka percaya bahwa mereka membuat pilihan yang tepat untuk mengadopsi e-commerce yang akan mengarah pada kinerja yang lebih tinggi dari perusahaan mereka pada akhirnya.

5          KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan di atas mengenai setiap temuan yang dihasilkan dari penelitian ini, temuan yang mampu membuat beberapa kontribusi teoritis. Validitas variabel demografis sebagai variabel eksternal sangat penting karena variabel tersebut dalam konteks penggunaan teknologi, dalam konteks ini, adopsi e-commerce perlu direvisi dengan menggunakan model penerimaan teknologi dasar (TAM) sejak temuan telah membuktikan bahwa profil demografis (usia, etnis dan tingkat pendidikan) tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kegunaan yang dirasakan dan persepsi kemudahan penggunaan e-commerce.
Temuan penelitian ini memiliki implikasi lain juga untuk karakteristik kewirausahaan dalam perspektif penelitian tentang e-commerce adopsi yang menggambarkan faktor penentu dalam pengadopsiane-commerce antar pengusaha. Faktor penentu, karakteristik kewirausahaan, juga lebih diverifikasi kesesuaian dan validitas model penerimaan teknologi (TAM) dan penerapannya dalam pengukuran untuk pengadopsiane-commerce.
Selain implikasi teoritis, temuan penelitian ini juga menyarankan implikasi praktis yang penting untuk manajer sistem informasi atau pemilik bisnis online serta organisasi yang berencana untuk mengadopsi e-commerce. Hal tersebut terbukti dari penelitian ini bahwa untuk menghindari halangan pengadopsiane-commerce dalam sebuah organisasi, persepsi kemudahan penggunaan dan kegunaan yang dirasakan dari aplikasi e-commerce harus ditetapkan dengan memberikan pelatihan yang tepat (Zakariya Belkhamza & Syed Azizi Wafa 2009).
Karakteristik kewirausahaan membuat kontribusi penting terhadap implikasi praktis. Dengan mengidentifikasi karakteristik kewirausahaan yang diinginkan dan diperlukan individu, manajer sumber daya manusia akan lebih baik membuat keputusan yang tepat dalam merekrut untuk kandidat yang tepat bagi organisasi kewirausahaan. Selain itu, penting juga untuk pemasar untuk memfokuskan sumber daya pemasaran mereka di segmen demografis tertentu untuk membangun keuntungan dan hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar